Jurnal Perjalanan I: Wisata Bangkok 2012

Google is the best friend for everyone who wants to travel, beside the official travel agent.

Hi guys,

Ini gw sharing wisata manula gw ke Bangkok. Wisata manula bukan wisata belanja atau exploring seluruh tempat wisata secara menyeluruh. Ini wisata santai yang nyaman. Tidak terlalu irit memang, tapi juga tidak terlalu boros. Pokoknya nyaman.

Gw pribadi lebih suka Bangkok daripada Bali karena gw merasa di Bali suka susah transportasinya, dan jatuh-jatuhnya mahal. Sementara sebagian besar daerah Bangkok yang terkenal bisa dicapai dengan BTS (ini monorail di atas jalanan biasa), MRT ( ini yang bawah tanah) dan boat. Di tempat-tempat wisata terkenal sering ada shuttle car nya. Dan untuk hotel-hotel sekelas Ibis juga ada shuttle carnya. Bahkan untuk hotel sekelas Sheraton menyediakan shuttle boat kalau mau menyusuri daerah Chao Phraya. Nah, Chao Phraya ini sungai utamanya yang terkenal. Airnya sih gak bening, tapi lumayanlah experiencenya.

Gw pribadi lebih suka Bangkok daripada Singapore, tentu selain kursnya yang lebih ramah, orang-orangnya bersahabat, dan unik! Bangkok itu kayak campuran Bali sama Singapore! Budayanya kental, tapi cukup modern dengan kehadiran sistem transportasinya yang okay, apalagi tempat-tempat wisata di Bangkok ramah turis! Semua dipersiapkan, seperti yang gw bilang, selalu ada shuttle car or boat, atau kadang tiket tuh plus minuman dingin.

Tapi bukan berarti gw menolak pergi ke Bali dan Singapore. Semua tempat menyenangkan, tergantung tujuan kita masing-masing tentunya.

Ini gw sharing bukan buat pamer. Tapi biar kalau kalian suatu hari ke Bangkok semoga info gw berguna dan bisa membantu.

TOTAL BUDGET

Untuk budgetnya selama 4 hari itu: kurang lebih 6 juta satu orang. Inipun karena gw juga beli di peak season, ngejar momentum ultah gw hehe. Kalau hari biasa, Jakarta – Bangkok ada yang bisa langsung, bahkan harganya @800an ribu. Kalau emang mau transit di KL atau Singapore, siapin mata uang sesuai tempat yang kalian pilih.

Gambaran budget gw total 6 juta rupiah: Rp.1,3 juta untuk Ibis hotel. Rp.2,7 juta PP Jkt -BKK. Rp.1,5 juta uang saku dalam baht. Rp.500 ribu Airport tax dan Transportasi dari dan ke CGK. Budget gw ini beberapa seperti hotel ditanggung bersama teman seperjalanan yang kurang lebih mengeluarkan biaya anggaran yang sama. (Ingat: Ini gw belanji secukupnya, bukan wisata belanji)

Dan jangan berpikiran 6 juta brek! Nyicil beli pesawat jauh-jauh hari. Kalau ada tiket pertunjukan atau paket tour tertentu bisa diambil jauh-jauh hari juga, begitupun hotel. Jadi gak akan terasa berat :)

BIAYA TIKET PESAWAT

Tips beli tiket pesawat: Perhatikan jamnya!! Kadang suka transit kelamaan di KL atau Singapore. Kalo emang niatan sekalian mampir sih ya monggo.

PENGINAPAN

Sebenarnya ada hostel macam dormitory, paling bagus Lub’d. Muta, teman kita, pernah nginep sini, katanya bagus dan emang dekat dengan pusat kota, yaitu daerah Siam. Deket BTS dan MRT. Cuma Muta waktu itu dapet harga diskon, kalau harga normalnya @sekitar 179.000 rupiah. Mendingan di Ibis, kalau kalian berdua, berempat atau lebih @367.000 rupiah / malam, without breakfast, dan no-Chao phraya view.

KURS
Saat ini per Juli 2012 sekitar  1 baht = 301 rupiah.

TIPS NAIK TAXI

Untuk tips naik taxi di Thai: Kurang lebih sama lah sama disini, sebenarnya murah bukaan pertama @35 baht. Cuma suka gak pakai argo. Tanya dulu, kalau gak mau, naik BTS atau MRT aja.

TIPS NANYA JALAN / ORDER TAXI

Tips nanya jalan: Berhubung bahasa Inggris kita sama orang Thailand sama kacrutnya, jadi mendingan selalu sedia kartu nama tempat yang dituju (biasanya ada tulisan thainya juga), kalau enggak siapin notes, PAKAI BAHASA TULIS!

Pengalaman gw kemarin: Ibis dibaca oleh mereka aibid!!!

TIPS MAKAN

Kalau makanan pinggir jalan nasi plus ayam misalnya, itu rata-rata @40 baht. Cemilan tuh sekitar @10 baht. Banyak babinya juga. Cemilannya juga hardcore: Kebanyakan seafood, gurita aja ada!! Jeroan!! Wajib dicicipi: Padthai, Tom yang gun, Mango sticky rice, kue leker ala thailand. Kalau beli minuman yang aman sehat tuh di sevel, @15-20 baht. Kalau mau lebih irit sedia botol minum, banyak tempat air putih bersih gratis disana. Tapi gw malay. Panas-panas dan jalan-jalan enaknya minuman dingin yang ada rasa hehe

Kalau di food court mall, makanan sekitar: @100 baht.

Kalau makanan di Ibis hotel rate sekitar @210 baht.

Buat yang takut pork, makan aja KFC Thailand, Enaaaak! Disana saos sambalnya diganti cairan kuning yang berasa gurih. Kalau enggak ya pilih chicken rice, atau pesan tom yam atau mie / padthai  yang seafood. Pasti gak ada babinya kan.


TIPS BELANJI

Tips belanji: Pakai Kalkulator.
Kadang mereka suka bilang one thirty, itu maksudnya 130 baht. bukan 1 baht point 30 ya.

TIPS BTS / MRT
Berhubung kemarin gak tahu hehe, jadinya beli eceran. Mendingan beli kartu, ada yang buat sehari penuh atau 3 hari full. Cheaper.

TIPS TIPU-TIPU
Ini dari temen gw: kalau ke daerah lampu merah sekitar Patpong, kalau ada yang nawarin cewek, jangan mau. Ada temennya yang mau, begitu ngikutin orang itu, terus dikasih minum, tahu-tahu minumannya suruh bayar mahal banget. Nah, untuk teknis aman di daerah lampu merah coba cari tahu sendiri ya.

For further information, just let me know. I have the maps and some brochures.
Kalau mau lihat via google maps bisa juga, cukup informatif juga,  but Thai maps I bring are absolutely more update and complete.
Untuk melihat harga dan rute detil, check it out my itinerary*.

Anyway, itu sekali lagi wisata manula, city tour.
Ada temen-temen gw yang petualang abis, bahkan sewa motor (pakai SIM indonesia bisa), Jadi keliling Phuket, Chiang Mai, dan Bangkok cuma abis 3 juta!!! Backpackeran abis! Sok terserah teman-teman tujuannya apa. Gw sih ya itu tadi wisata manula. Hip hip hooray ! :D

Untuk ngajakin anak balita, bisa aja sih, tapi tetap lebih nyaman ke Singapore. Cuman Singapore sedang berjaya kursnya saat ini hihi

Anyway, di Bangkok ada banyak pula tempat wisata yang menarik kayak Siam Ocean World, cabaret ladyboys, dan Maddam Tussaud, pun ada juga yang berjarak 2 jam dari Bangkok, yang kadang mesti ikut tour atau naik kereta. Bahkan ada wisata cycling juga. Kalau di Ibis paket-paketnya murah meriah dan aman dicoba. Gw so far gak pake paket mereka. Tapi kalau untuk ke Chiangmai atau Chiang Rai, menarik untuk pakai paket tour. Untuk ke Phuket atau Phataya bisa diarrange sendiri.

Kalau motto perjalanan gw sama kakak gw: let the serendipity comes!
Alias ya coba-cobalah, kadang malah akan ada banyak hal yang bisa kita temukan, yang tak terduga dan menyenangkan!!

Welcome to Bangkok!

*A Little Note for My Readers>>

Chao Phraya – Jurnal Perjalanan I: Wisata Bangkok 2012 vol. 01 >>

29 thoughts on “Jurnal Perjalanan I: Wisata Bangkok 2012

  1. Jenny berkata:

    Hi salam kenal y sist.. saya rencana tar bln ini mw ke bangkok b2 ama suami and this is the first time for us… bole donk tny2 dikit…
    1. klo pigi b2 saja aman ga kalo plg malam?
    2. Klo nginap didaerah Khaosan road, gimana? strategis ga kemana2?
    3. Klo naek BTS and MRT crnya gimana ya?

    tlong dijawab y kalo berkenan soalnya perlu banget..plissssssss…thanks y sist…

  2. Hello Jenny,
    1. Aman, tapi liat-liat daerahnya juga. Plus transportasinya. Soalnya banyak taxi disana juga gak suka pake argo. Sementara BTS and MRT gak sampe larut malam.
    2. Khaosan Road emang terkenal buat backpackeran, tapi setau gw agak jauh dari BTS and MRT. Paling enak di dekat Siam, deket tempat wisata dan pusat kota, dikelilingi BTS and MRT :)
    3. Caranya bisa beli eceran, tinggal siapin duit baht aja. Gampang kok pake mesinnya. Atau beli kartunya :) Sepertinya murah beli kartu. Cuma karena waktu itu gw agak kurang perhitungan, gak beli kartunya, dan rasanya malah lebih boros hehe

    Happy trip yaa!! :D

  3. Zerry berkata:

    Hallo Sis… tanggal 21-25 ini mau ke Thailand, berempat sih bareng istri,nyokap dan kakak. berangkat dari medan. aku mau nanya. aku ambil paket tour, trus aku milih hotel di Thailand di Pratunam Pavillion Hotel. itu hotel nya bagus gak sih?? karena waktu ngeliat di tripadvisor komen nya seram2… Thanks….

  4. Gw gak tahu seluruh hotel di Thailand. Tapi dengan elo udah cek ke tripadvisor, itu langkah yang tepat banget. Banyak temen-temen traveler gw yang bilang tripadvisor terpercaya. Jadi kalo emang komen hotel itu serem-serem, coba think twice ajah dan cari alternatif lainnya :) Happy browsing yaa!

  5. Setuju!!! Bangkok sangat mengesankan dan tertata rapi tempat wisatanya dan orangnya Indon banget. So don’t worry my friends…. Serasa Flash BACK bace tulisan seputar Bangkok., makasi ya

  6. irene berkata:

    rencana aku ke bangkok tgl 14 – 17 maret ini, pesawat udah beli dulu pake tiger airways, rencana mau pake tur dari tx sekitar $124, tur 4 hari 3 malam bangkok pattaya plus hotel. aku sama mamaku, menurut mbak kira2 bgm ya? aku masih ragu mau pake tur or ngga soale kasihan juga sama ibuku kalo cari2 BTS or MRT….tapi menurutmu itu sudah cukup hemat gak ya? makasih ya

    • Sepertinya harganya memang segitu kalo paket pakai tur. Kmrn temen gw pake Panorama Tour. Harganya sekitar itu juga, Bangkok Pattaya. Cuma dia sekalian tiket pesawat garuda, total 2 org cuma 7 juta rupiah, dan itupun kemana-mana mobilnya eksklusif alias satu mobil cuma temen gw sama mamanya. Tiap ke objek wisata diantar jemputnya pas depan gate, jadi memang gak capek. Untuk pergi bersama orang tua, memang sebaiknya pake paket tour :) Make sure aja semua fasilitasnya okay ya. Happy travelling with your mom!

  7. irene berkata:

    thanks tanggapannya. iya ya mbak bener juga minimal gak banyak jalan ya. tapi sayangnya kemarin aku dpt kabar dari tx kalo ketersediaan hotel di bangkoknya yang hotel seharusnya hotel dynasti di bangkok dan century di pattaya habis jadinya diganti nah hotel penggantinya koq aku kayaknya kurang srek ya. Udah gitu aku udah sempet booking hotel dan udah bayar hotel r con blue ocean krn pengennya sampe di bandara aku langsung ke pattaya, jadi jumat sabtu bisa full di bangkok secara banyak pasar malamnya gitu kan. kalo di bandara suvarnabhumi transport ke pattaya mudah kan ya mbak? makasih ya

  8. irene berkata:

    heeh maaf tanya terus ya mbak, kayaknya krn tur rata-rata hari pertama di bangkok aku gak jadi pake tur nih, sy rencana dari bandara langsung ke pattaya, lokasi floating market itu mudah gak ya? makasih ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s