SURROGATES

Elo punya avatar? Suka jaim mungkin? Atau hobi main game Sims dan sejenisnya? Watch this movie!

Surrogates. Directed by Jonathan Mostow.Produced by David Hoberman, Todd Lieberman, Max Handelman, Elizabeth Banks. Written by John Brancato, Michael Ferris (screenplay), Robert Venditti (story). Starring by Bruce Willis, Radha Mitchell, Rosamund Pike, Boris Kodjoe, with James Cromwell, and Ving Rhames.

Semua orang tampak sempurna, bak barbie dan Kevin. Tanpa cacat. Dunia pun minim kriminalitas dan kematian karena kecelakaan dan hal-hal accidental lainnya pun gak bikin manusia merasa kesakitan atau harus masuk unit gawat darurat.

Kesempurnaan itu merupakan salah satu hasil kecanggihan teknologi yang memungkinkan setiap manusia memiliki sebuah robot pengganti yang sangat mirip dengan pemiliknya dan disesuaikan dengan sensor syarat yang ada pada pemiliknya. Robot-robot pengganti tersebut bernama Surrogates. Oh, maaf. Tidak harus mirip. Tiap individu berhak memilih Surrogatesnya sesuai citra diri yang ingin ditampilkan dan tentu saja Surrogates ini kelengkapannya juga tergantung kemampuan individu membeli set lengkapnya atau tidak. Wow, untuk urusan kesenjangan sosial dan kasta, dunia ini juga gak bisa mengatasinya.

Eniwei, tiap individu yang mempunyai surrogates kemudian dinamakan operator, karena mereka tinggal menjalankan surrogates mereka dari tempat tidur dan dengan monitor virtual, lalu semua akan berjalan baik-baik aja. Oiya, jangan lupa menchargenya!

Hingga suatu hari Agen Tom Greer, yang juga mempunyai sebuah surrogates, menemukan sebuah pembunuhan yang tidak hanya membuat surrogates rusak tapi juga membuat operatornya pun tewas. Kejadian itu membawa Greer ke sebuah titik dimana ia pun akhirnya merindukan sisi manusiawinya sendiri.

Bagaimanakah Greer mengungkap peristiwa pembunuhan itu? Apa yang membuat Greer ingin mengembalikan esensi manusiawi dan hidupnya pada dirinya sendiri dan bukan pada surrogatesnya?

Saksikan film ini!

Waktu mau menonton film ini, gw sempat bertanya pada teman gw ‘Bruce Willis sekarang udah setua apa ya?’ Dan ternyata elo akan menonton Bruce Willis versi Barbie, look young! Gak cuman itu, waktu mau liat film itu, gw sempet yang berprasangka ‘ah pasti ini film-film cyborg kayak biasanya!’ Ternyata lain daripada yang lain!

Secara action dan alur cerita, sebenarnya film ini sangat ordinary. Tapi gw amazed dengan idenya yang sangat mengangkat isu jaman sekarang, abad 21 ini. Sebuah jaman dimana tiap orang berlomba-lomba bikin avatar daripada memasang foto wajah sendiri. Lalu memegang blackb***y atau sejenis smart phone lainnya dan memilih sibuk sendiri dengan orang-orang di dalam hp, hingga mengabaikan orang yang nyata ada di depan matanya. Apakah kata tertulis lebih menjaga image ketimbang kata yang terucap langsung? Dan jaman dimana semua orang sibuk berladang dan bikin rumah di dunia virtual, ketimbang bekerja keras dan bikin rumah di dunia nyata.

Once again, film ini mengetuk kemanusiawian kita untuk lebih smart dalam menggunakan teknologi. Dan tidak melupakan esensi diri sendiri yang berporos pada kejujuran menerima diri sendiri.

Honestly, gw tertohok. Secara gw suka banget mainan farmville karena menikmati sensasi maya memiliki ladang berhektar-hektar dan rumah mewah.

Dengan film ini, semoga gw lebih bisa membedakan dunia nyata dan dunia maya. Dan barangkali dunia maya tidaklah akan menjadi maya jika dimanfaatkan untuk menjalin hubungan yang sehat dan sekali lagi hanyalah fasilitas untuk berkomunikasi yang menjembatani ruang dan waktu yang terpisah. Tidak lebih dari itu.

Mari bergaul seperti orang-orang jaman batu. Saling mendatangi dan berbagi, tersenyum dengan wajah original.

What do you think, guys?

And once again, kalo elo penduduk dan penikmat abad 21 ini. You do really have to watch this movie!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s