Dear John

“I’ll see you soon.”

Sutradara: Lasse Hallström. Produser: Marty Bowen, Wyck Godfrey, Ryan Kauvanaugh. Penulis: Jamie Linden, Nicholas Sparks (Novel). Pemeran Channing Tatum, Amanda Seyfried.

Berlatar belakang kehidupan seorang prajurit muda Amerika yang dikirim ke daerah konflik dan juga mendapat tugas yang cukup panjang setelah terjadinya peristiwa 11 September, kisah ini cukup apik mengemas kata-kata saat John Tyree (Channing Tatum) yang adalah si prajurit muda menjalin kisah cinta melalui surat dengan kekasih hatinya, Savannah Curtis (Amanda Seyfried).

Surat demi surat mewakili perjalanan kisah cinta antara John dan Savannah yang diawali saat mereka bertemu dalam liburan musim panas. Hanya 2 minggu untuk saling jatuh cinta dan mengikat rasa hingga mereka saling berkomitmen untuk terus saling menunggu. They like to say each other, “I’ll see you soon.”

Kata-kata dalam surat mereka tak hanya manis namun getir dan sepi terbalut dalam hasrat cinta itu sendiri dan mewakili pahitnya kehidupan mereka masing-masing saat mereka terpisah ruang dan waktu.

Menunggu bukanlah perkara mudah. Waktu pun merubah seseorang.

Dalam film ini, koin menjadi simbol perubahan itu. Saat masih anak-anak, John menyukai proses pembuatan koin, saat koin ditempa hingga menjadi sempurna, dan yang tak sempurna pun menjadi pelengkap varian koin itu sendiri. Ayah John malah kemudian menjadi terobsesi dengan koin.

Namun saat John beranjak dewasa, hubungannya dengan ayahnya pun merenggang. Koin menjadi teman ayahnya. Sementara John memilih untuk hidup di dunianya sendiri.

Kehadiran Savannah cukup membuat hubungan John dan ayahnya sedikit mencair. Savannah mampu memahami ayah John. Savannah pun makin berarti bagi John. Namun, John harus pergi bertugas lagi.

Hingga suatu hari, Savannah menuliskannya dalam surat bahwa ia bertunangan dengan seorang laki-laki. John mengira lelaki itu adalah tetangga Savannah yang kaya, dan bukannya tetangga Savannah yang mempunyai anak laki-laki autis.

Siapakah pria yang merebut hati Savannah? Can John and Savannah sayI’ll see you soon’ each other again?

Koin, perubahan, dan arti menunggu akan terjawab dengan cukup manis dan dramatis di akhir film ini. Pun kita diajak untuk merasakan bahwa saat kita berkata ‘I’ll see you soon” pada seseorang ternyata tidaklah mudah. Apalagi saat waktu telah mengubah dirinya pun diri kita sendiri.

Dalam film ini digambarkan dengan John yang tertembak saat bertugas. Ia membayangkan dirinya adalah koin yang ditempa dengan sempurna oleh Army US. Namun sekarang, ia tak lagi sempurna setelah dua peluru menembusnya. Sementara kehidupan Savannah dengan tunangannya pun penuh kepahitan dan merubah sisi diri Savannah yang ceria.

Hanya saja uniknya, Savannah tetap menulis surat pada John.  Dear John. Apakah Savannah tetap mencintai John?

Find the answer by yourself. Hanya saja, wanita tentunya hanya akan menunggu seseorang yang memang berarti dan sangat mereka cintai. Bukan janji yang mudah diingkari ataupun sosok yang terus ada namun tak sungguh-sungguh menemani. Tapi seseorang yang pada akhirnya mau berkomitmen untuk menyelaraskan banyak perubahan dan perbedaan hidup dalam satu mangkok harmoni.

Anyway, jika perbedaan dan perubahan pun kenyataan bahwa time always runs out terjadi pada anda dan kekasih anda, will you say ‘I’ll see you soon” again?

You must watch it, guys!

Khususnya untuk kaum hawa dan gay, Channing Tatum sungguh bisa membuat anda berdecak kagum. Tentu saya pun juga rela bersorak sekuat hati kalau seseorang itu adalah Channing Tatum yang cool and gentleman. I’ll see you soon!!


6 thoughts on “Dear John

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s