My Place

Ada banyak hal yang ingin kuungkap, tapi aku hanya bisa membisu.

Aku dibesarkan di rumah yang memiliki banyak kaca. Awalnya aku tidak menikmati berada di dalamnya. Seolah duniaku bagai tidak punya cangkang untukku bersembunyi. Namun, seiring dengan waktu aku merasa sangat nyaman berada di dalamnya, seperti di tempat ini.

Aku paling suka kalau aku bisa menikmati dan memandang dunia seluas-luasnya. Dunia dengan segala isinya. Hiruk pikuknya. Kesunyiannya yang kadang mencekam. Pun manusia-manusia berbagai rupa yang hidup di dalamnya.

Hanya saja, aku tetap lebih suka memiliki jarak dengan dunia. Aku suka berada di sekeliling orang, namun kadang-kadang aku lebih suka mengamati mereka, dan tidak menyentuh mereka sama sekali. Aku suka hidup di dunia ini, tapi aku tidak ingin menjadi miliknya sepenuhnya.

Lalu yang paling aku suka adalah, ketika aku sibuk dengan pikiran dan imajinasiku, lalu memandang kearah luar dari balik kaca jendela yang besar, aku seolah bisa melampaui kaca jendela dan pergi kemanapun aku suka.

Di tempat ini, kadang aku mendengar gelak tawa yang riuh, yang kadang memekakkan telinga. Lalu suara-suara orang berbicara yang sayup-sayup. Tapi semua itu bisa kuterima, seperti aku menerima dunia ini dengan lapang. Asal dunia tak perlu menyapaku di saat aku memang sedang tidak menginginkannya.

Aku bebas bercengkerama dengan diriku sendiri sekaligus membisu sambil menikmati sepenggal demi sepenggal kisah kehidupan orang lain disekitarku. Melihat papan reklame yang berkerlap-kerlip. Menatap bosan busway yang lalu lalang. Pun melempar pandangan berulangkali ke sebuah gedung, yang konon adalah mall pertama di Jakarta, yang makin hari makin tua dan rapuh.

Lalu disaat aku sudah terpuaskan dengan arena bermain penuh kaca ini. Aku akan merasa lebih kuat untuk melangkah keluar dan menghanyutkan diriku dalam putaran dunia yang mengejutkan dan menggelikan. Semoga kali ini juga begitu, dan selalu begitu.


One thought on “My Place

Tinggalkan Balasan

