Kertas Foto Tanpa Foto

Perjalanan sebuah cinta antara dua insan biasanya akan sangat mudah dibaca melalui foto pernikahan. Konon, panjangnya usia pernikahan pun bisa ditebak. Aku tidak menemukan apapun di dalam foto kamu dan dia.

Aku percaya hidup ini merupakan perpaduan sempurna antara melepas dan mempertahankan. Kamu salah satu orang yang aku lepas dengan sangat rela, walaupun teramat berat. Semenjak undangan pernikahan kamu yang sangat berseni dan berkarakter sampai di hadapanku, semua tentang kamu resmi aku tutup rapat-rapat.

Hingga sore ini, tak sengaja aku menemukan foto pernikahan kamu di sela-sela jutaan situs di dunia maya. Aku berharap aku bisa tersenyum saat melihat foto itu. Namun, aku tak menemukan apapun.

Apakah ini yang namanya cinta sejati?

Barangkali sebuah foto pernikahan, tak seharusnya hanya menampilkan dua sosok yang serasi, ataupun chemistry yang terekspose sempurna. Barangkali cinta maupun umur cinta itu sendiri tak seharusnya dapat diukur dari sebuah foto pernikahan. Barangkali cinta sejati memang bukan cinta berdasar hitam di atas putih yang bernama janji pernikahan. Barangkali cinta yang sesungguhnya, entah sejati ataupun tidak, adalah cinta yang realistis. Cinta yang walau tak nampak dalam seulas senyum sang pengantin, namun menghidupkan dan menyatukan dua hati.

Aku pun berharap aku salah membaca dan menulis tentang kamu dan dia. Pun juga berharap sang fotografer barangkali tidak sedang paham tentang kamu dan dia, sehingga ia gagal memotret cinta di antara kamu dan dia.

Ingin rasanya berteriak, wish you live happily ever after. I do. But I can’t.

I can’t write what I can’t read.

Aku berharap kanvas kehidupan kamu dan dia penuh gambar dan warna.

The end.


Tinggalkan Balasan

