Sigiriya

Sigiriya Rock - 000902For the first step in My Shoes page, My Shoes wanna go to Sigiriya!

Saat pertama kali melihat Sigiriya di sebuah acara yang ditayangkan di televisi, saya terkesiap dan takjub. Perasaan berikutnya; it’s magnificent! Indah dan agung! I should go there someday!

Sigiriya adalah sebuah pusat kerajaaan yang dibangun di atas bukit yang tingginya hampir mencapai 200 meter. Penampakannya sungguh seperti keajaiban alam.

Saya selalu percaya dan yakin bahwa sebuah tempat yang didirikan di sebuah lokasi alam yang tidak biasa serta unik, pasti memiliki atmosfer misterius yang tentunya akan menambah kekayaan pengalaman akan sebuah cita rasa.

Let me prepare my shoes then!images (1)

Sebelum menjelalajah lebih jauh, mari kita mengenal Sigiriya lebih jauh. Sigiriya adalah sebuah kerajaan yang dibangun oleh Raja Kashyapa yang merebut tahta kerajaan dari Raja Dhatusena. Oleh karena khawatir bahwa pewaris tahta yang resmi yaitu Moggallana akan menyerangnya, Raja Kashyapa memindahkan pusat kerajaan dari Anuradhapura ke Sigiriya. Sementara itu, semenjak peristiwa pengkhianatan tersebut, Moggallana menyelamatkan diri ke India selatan.

Baru beberapa tahun kemudian, Moggallana menyerang Raja Kashyapa dan berhasil merebut tahta serta mengembalikan pusat kerajaan ke Anuradhapura. Semenjak itu Sigiriya kemudian berubah menjadi tempat para pendeta Buddha hingga sekitar abar 14. Selanjutnya Sigiriya tak lagi berfungsi penuh dan pada akhirnya mulai runtuh, hingga akhirnya kembali dipugar oleh UNESCO and becomes one of world heritage site.

Selama pemerintahan Raja Kashyapa, Sigiriya dibangun sedemikian rupa indahnya, dan penataannya secara arsitektural sungguh memukau. Nama Sigiriya sendiri diambil dari kata Sinhala yang pengucapannya adalah Sigiriya dan memiliki arti; Lion Rock.

Sigiriya dikelilingi oleh taman yang  sangat luas dan merupakan salah satu taman tertua di dunia. Taman tersebut dibagi menjadi tiga bagian; The Water Gardens, The Boulder Gardens, dan The Terraced Gardens.

images (14)Untuk naik ke bagian atas Sigiriya, kita akan melewati batu berbentuk singa dengan mulutnya sebagai pintu gerbang, sayangnya singa ini sudah runtuh dan hanya tinggal puing-puing dan bagian kakinya saja. Lalu kita akan naik tangga spiral, lalu melewati Mirror Wall, yang merupakan dinding bagian bukit yang dipoles sedemikian rupa sehingga konon saat Raja melewati dinding bukit tersebut, ia bisa melihat dirinya sendiri, dan kemudian sampai di bagian dinding penuh dengan frescoes. Frescoes ini cukup istimewa karena memiliki gaya lukis yang unik dan asing, sangat besar dan luas, serta sampai sekarang belum diketahui pasti identitas para karakter yang terdapat di frescoes tersebut. Beralih dari frescoes, kita sampai di tempat teratas Sigiriya, dimana kita bisa melihat sisa-sisa kejayaan kerajaan Raja Kashyapa. Pun tentunya kita bisa melihat keindahan alam sekitar di tempat yang sangat tinggi ini. Toh konon, Raja Kashyapa memilih tempat ini karena ia juga percaya bahwa tempat yang tinggi berarti dekat dengan surga dimana para dewa berada.

map2Where is it?

Sigiriya terletak di negara Srilanka, tepatnya di distrik Matale, di dekat kota Dambulla, Provinsi Tengah.

Currency?

Mata uang Srilanka adalah Srilanka Rupee atau LKR. 1 LKR = 88, 3087 IDR per tanggal 22 April 2014 ini.

How to reach Sigiriya?

Buat kita yang ada di Indonesia Raya, khususnya Jakarta, untuk budget airlines, kebanyakan kita harus ke Malaysia atau Singapore dulu baru bisa terbang ke Colombo, kota terbesar di Srilanka dan bandara internasionalnya terletak tak jauh dari Sigiriya. Biaya pesawat pulang pergi sekitar 4 juta rupiah. Tentu saja kalau belinya jauh-jauh hari, bisa dapat tiket dengan harga lebih murah. Nama bandaranya: Bandaranaike International Airport, berjarak 30 km dari Colombo.

Eits, jangan lupa, untuk masuk ke negara ini, kita diharuskan memiliki visa dan ETA. Apakah itu dan bagaimana caranya? Click this: VISA & ETA!

Di Colombo, kita harus membeli tiket untuk masuk ke  Sigiriya di kantor Central Cultural Fund. Tiket untuk masuk ke Sigiriya yaitu USD $30. Terdapat pula museum yang bisa dikunjungi dengan biaya USD $5. Don’t forget!

Teknis singkatnya dari Colombo ke Sigiriya; kita bisa naik kereta ke kota Dambulla. Perjalanan ini menempuh jarak 24 km. Setelah sampai di Dambulla, kita melanjutkan perjalanan dengan taxi, bis atau 3-wheelers untuk akhirnya sampai di Sigiriya.

Teknis panjangnya: Dari Bandaranaike Airport, kita naik kereta yang menuju ke stasiun Fort, Colombo. Biaya perjalanan satu arah ini LKR500. Tiketnya bisa online booking. Dari stasiun Fort, Colombo, kita bisa memilih dua jenis kereta; ExpoRail dan RajaDhani. Exporail menyuguhkan perjalanan dengan kereta yang lebih mewah dengan snack sebagai bentuk pelayanannya. Sementara RajaDhani menyediakan berbagai pilihan harga yang lebih murah. Pun kita bisa memilih naik bis untuk bisa mencapai kota Dambulla lalu ke Sigiriya. Kalau mau naik taxi dari Colombo – Sigiriya, biayanya sekitar LKR9000.

Sigiriya282_jpgMemasuki kompleks Sigiriya ini kita membutuhkan kebulatan tekad, niat yang nekad, dan kaki yang kuat. Selain karena taman di sekitarnya begitu luas, kita juga harus mendaki dan melalui tangga-tangga spiralnya yang aduhai. Disarankan pula untuk membawa makanan dan minuman sendiri untuk menemani perjuangan kita menuju ke puncak Sigiriya.

Sungguh saya sangat berharap, bisa mengunjungi Sigiriya menggunakan helikopter.

Where to stay?

Jika tempat tujuan kamu di Srilanka hanya Sigiriya, coba buka google maps, dan cari lokasi Sigiriya di maps tersebut, lalu pelajari jalan-jalan di dekat Sigiriya. Lalu goes to booking.com atau agoda. com dan teman-temannya, lalu pilih hotel yang sekiranya terletak di jalanan yang dekat dengan Sigiriya. Jangan lupa klik maps yang menunjukkan lokasi hotel tersebut, dan perkirakan jarak serta alat transportasi yang harus kamu gunakan dari hotel ke Sigiriya. Lebih bagus kalau lokasinya sangat dekat dengan Sigiriya dan bisa jalan kaki, lebih bagus lagi kalau hotelnya menyediakan transportasi khusus yang gratis. Harga hotel di sekitar tempat ini, yang sekiranya hotel bintang tiga kira-kira Rp. 800.000 – 1.500.000.

How much?

Rough budget untuk perjalanan ini sudah termasuk transportasi dan akomodasi dan tempat tujuannya hanya Sigiriya, bisa mencapai kisaran 10 juta. Tentu saja, saya selalu menyarankan jika memang ingin lebih ekonomis, booking tiket dari jauh hari, dan belilah tiket-tiket yang bisa dibeli online secara berkala. Jadi gak jauh beda sama sistem nyicil.

Other suggestion?

Kalau punya waktu lebih, kita bisa sekalian mengunjungi apa yang biasa disebut Cultural Triangle in Srilanka; stretching from medieval Kandy to the ancient kingdom of Anuradhapura to the north and Polonnaruwa to the east. Tiga obyek wisata yang paling terkenal dari cultural triangle tersebut adalah; Anuradhapura, Sirigiya, dan Dambulla Cave Complex. Tempat-tempat lainnya yang berada di kawasan Cultural Triangle tersebut adalah Kandy – salah satu obyek wisatanya yang cukup terkenal adalah Dalada Maligawa (Temple of the Sacred Tooth), MihintalePolonnaruwa, dan The Huge Aukana Buddha.

That’s all about Sigiriya!

Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang tertarik dan berencana mendahului My Shoes pergi ke Sigiriya. Buat teman-teman yang udah pernah ke Sigiriya, please feel free to share your experience in this page.

I wish My Shoes could go there someday!

The end.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s