The Sparkling 4th of July

 

redlight1I am here because of you.

 

Menulis satu alinea penuh cinta adalah ritual yang selalu saya lakukan di saat hari ulang tahun saya. Tak semuanya bernada mayor, upbeat, dan penuh kebahagiaan, tapi semuanya harus diabadikan, seperti ulang tahun saya kali ini.

Tahun lalu, tulisan saya sangat minor, masih begitu banyak hal yang belum bisa saya maafkan, termasuk memaafkan diri sendiri. Tak heran, setahun berikutnya menjadi satu periode yang sebenarnya masih sangat sulit untuk saya jalani. Ada saatnya, saya pengin giving up, just giving up. Bahkan untuk bisa merayakan ulang tahun saya hari ini dengan senyum manis dan lega pun rasanya tak terbayangkan.

Hari ini juga genap 1000 hari di mana pada suatu masa di masa lalu, saya mengalami hal yang amazing. Peristiwa yang sungguh membuat saya broken heart pada hidup, talenta, dan kebaikan dalam diri manusia. Mengapa 1000 hari ini penting bagi saya, karena seperti ritual doa kematian, selayaknya pada 1000 hari, segala sesuatunya usai dan yang meninggal diyakini sudah naik ke surga, pun yang ditinggalkan sudah bisa merelakan dan moving on. Saya pun mengamini bahwa hari ini adalah hari penutup untuk pelajaran berharga yang boleh saya alami hari itu.

Di hari ulang tahun saya kali ini, saya menerima apapun yang ada dalam hidup saya, baik itu cinta, rindu yang teramat sangat, kebaikan, ketulusan, kesetiaan pun luka hati, patah hati, sakit hati, kemarahan dan segala hal yang sungguh membuat hati saya sedih. Namun, saya yakin, dengan menerima dan kemudian memaafkan, ini satu-satunya jalan, saya bisa memaafkan diri sendiri dan kembali menjadi diri saya sendiri.

Namun, tentunya saya tak pernah sendiri. Saya selalu percaya, diantara orang jahat selalu ada orang baik. Itulah orang-orang tercinta saya, yang dengan tulus, tetap mau berjalan di sebelah saya, apapun yang terjadi pada saya dan apa kata dunia ini tentang saya. Pun saya menyadari, tak mudah untuk berada di sebelah saya, di mana saya tak sehebat yang orang kebanyakan pikirkan, sebaliknya, saya bisa merapuh, menangis tiada henti, dan menghilang. Namun, saya yakin kalian adalah orang-orang hebat penuh cinta, yang walaupun selalu ada hitam dan putih dalam diri saya, kalian tetap percaya pada saya, membuat saya bertumbuh, mengembalikan kepercayaan saya pada hati manusia, dan selalu menggenggam tangan saya, supaya saya tak sepenuhnya menghilang.

Oleh karena itu, di hari ulang tahun saya ini, dengan sepenuh hati, saya ucapkan, “terima kasih”. Walaupun saya masih harus melakukan begitu banyak hal untuk kembali membangun hidup saya, namun kali ini saya tak lagi ingin berkecil hati dan menangis, karena setidaknya kali ini saya sudah kembali berani memiliki impian, dan saya ingin membuat kalian tersenyum, seperti halnya kalian yang tak pernah lelah membuat saya tersenyum. Kapanpun jika kalian pernah merasa tak berarti, bukalah tulisan saya ini untuk mengingatkan bahwa kalian selalu berarti untuk saya.

Ayah saya, walaupun beliau orang yang sederhana, namun di sepanjang kehidupannya di dunia ini selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi saya hingga beliau pergi. Sehingga saya yakin, di surga sana, Ayah saya pasti memaksa Tuhan untuk memberikan hanya orang-orang yang terbaik dalam kehidupan saya. Itulah kalian bagi saya. Terbaik.

Sekali lagi, terima kasih. I am here because of you. We still have a long way to go, but let us make it happy and awesome.

The end.

 

<< My Another Candle

 

 

 


Tinggalkan Balasan

